Belajar Efektif
A.
Pengertian Belajar Efektif
Dalam keputusan psikologi kita akan menemukan konsep learning yang sudah biasa kita
Dalam keputusan psikologi kita akan menemukan konsep learning yang sudah biasa kita
terjemahkan menjadi “belajar”. Secara sederhana
proses belajar atau learning proses merajuk pada aktivitas individu. Secara
teknis para ahli psikologi sudah mencoba memberikan batasan atau definisi yang
beraneka ragam, namun semuanya marajuk pada terjadinya proses perubahan tingkah
laku.
Mengenai proses belajar sudah banyak diungkapkan dalam berbagai teori tentang belajar. Dalam hal ini akan dikemukakan dua kelompok pandangan tentang belajar yakni operant conditioning dan instrumental conceptualism.
Operant conditioning dapat kita pahami dari pandangan dan hasil penelitian Skinner (1969), menurut Skinner (dalam Fontana : 1981) berpendapat bahwa proses belajar melibatkan 3 tahap sebagai berikut :
Mengenai proses belajar sudah banyak diungkapkan dalam berbagai teori tentang belajar. Dalam hal ini akan dikemukakan dua kelompok pandangan tentang belajar yakni operant conditioning dan instrumental conceptualism.
Operant conditioning dapat kita pahami dari pandangan dan hasil penelitian Skinner (1969), menurut Skinner (dalam Fontana : 1981) berpendapat bahwa proses belajar melibatkan 3 tahap sebagai berikut :
1.
Adanya rangsangan atau stimulus atau situasi yang dihadapi oleh
atau dihadapkan pada murid.
2.
Lahirnya perilaku atau behavior.
3.
Penguatan atau reinforcement yang mngikuti perilaku lahir.
Instrumental
conceptualism dapat kita pahami dari pandangan Brunner (1966) Brunner melihat
proses belajar dari konsepsi psikologi kognitif. Menurut Brunner proses belajar
bukanlah semata-mata lahirnya perilaku yang disebabkan oleh adanya rangsangan
yang diperkuat atau diperlemah oleh “penguatan” akan tetapi merupakan proses
aktif dimana seseorang menyimpulkan prinsip-prinsip hukum dan kemudian mengetesnya.
Dengan kata lain, belajar bukan hanya merupakan aktivitas yang terjadi pada
diri individu akan tetapi merupakan sesuatu yang terjadi atas usaha individu
sendiri dengan cara mengolah informasi yang ada dan menerapkannya. Jadi dapat
disimpulkan bahwa belajar merupakan suatu proses kegiatan yang melibatkan
terjadinya perubahan pada seseorang yang belajar dengan ciri-ciri adanya
perubahan tingkah laku, dilakukan secara sengaja, bersifat permanent, continue,
mempunyai arah dan tujuan. Perubahan yang terjadi ketika belajar berlangsung
memberikan suatu aspek yang terarah, yaitu kadang menimbulkan perubahan
cita-cita atau justru memperkuat cita-cita tersebut. Jika perubahan dalam
tujuan dan arah kehidupan sehingga apa yang dilakukan sebelumnya ditinggalkan sama
sekali.
Contoh : anggapan bahwa wanita tidak perlu sekolah tinggo-tinggi jika pengalaman belajar terus membimbing kegiatan belajar berikutnya. Maka pengalaman itu akan membantu kita melihat cara yang lebih jelas lagi dalam membantu untuk maju lebih cepat.
Jadi meskipun kita melakukan kegiatan belajar tetapi bila tidak ada perubahan apapun pada dirinya maka belajar tidak terjadi maka dari itu belajar dapat dikatakan sudah terjadi apabila si pelajar telah mengalami perubahan berupa:
Contoh : anggapan bahwa wanita tidak perlu sekolah tinggo-tinggi jika pengalaman belajar terus membimbing kegiatan belajar berikutnya. Maka pengalaman itu akan membantu kita melihat cara yang lebih jelas lagi dalam membantu untuk maju lebih cepat.
Jadi meskipun kita melakukan kegiatan belajar tetapi bila tidak ada perubahan apapun pada dirinya maka belajar tidak terjadi maka dari itu belajar dapat dikatakan sudah terjadi apabila si pelajar telah mengalami perubahan berupa:
1.
penambahan informasi
2.
penambahan / peningkatan pengertian
3.
penerimaan sikap-sikap yang baru
4.
perolehan penghargaan baru
5.
perolehan keterampilan baru
Kelima
perubahan itu dapat dimasukan kedalam 3 kategori, yaitu :
1.
pengetahuan (cognitive) : apa yang saya tambahkan pada apa yang
saya ketahui
2.
perasaan (affective) : bagaimana perasaan apa tentang apa yang
saya dengar dan saya baca.
3.
perbuatan (behavior) : apa yang saya perbuat dengan apa yang
saya dengar dan saya baca.
Proses
pembelajaran ini dapat dicapai oleh seseorang dengan mudah / cepat apabila
proses belajarnya dilakukan secara efektif. jadi belajar efktive merupakan
suatu proses perubahan tingkah laku / sikap yang dialami / dilakukan oleh
seseorang atau sekelompok orang dengan memaksimalkan berbagai usaha dan
memanfaatkan berbagai situasi dan kondisi guna tercapainya suatu hasil atau
perubahan yang optimal sesuai dengan tujuan intruksional yang ingin dicapai.
B. Langkah-Langkah Belajar Efektif
Adapun beberapa langkah yang perlu diperhatikan dalam proses belajar efektif dengan
Adapun beberapa langkah yang perlu diperhatikan dalam proses belajar efektif dengan
rumus SQ4R yaitu :
1. Survey (meninjau)
Usaha untuk mengetahui garis besar isi dari bacaan
serta cara penyusunan dan penyajiannya secara sepintas lalu
2.
Question (mengajukan pertanyaan)
Mengajukan pertanyaan bertujuan untuk menimbulkan
rasa ingin tahu. Orang yang ingin tahu akan berudaha mencari jawabannya
3.
Reading (menbaca)
Bacalah dengan cermat bahan pelajaran satu kali lagi
sambil berusaha untuk mencari jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang sudah diajukan.
4.
Recite (mengingat sambil menyebutkan kembali)
Rahasia yang perlu diketahui dalam menyebutkan
kembali ialah sebutkan dengan menggunakan kata-kata sendiri. Mengingat dan
menyebutkan kembali merupakan langkah yang penting karena dengan cara ini orang
dapat mengenali dan juga mempelajari jawaban.
5.
Record (mencatat)
Tujuan membuat catatan ialah untuk menolong kita
mengingat pkok-pokok yang penting tanpa membaca kembali bahan bacaan itu
sendiri. Catatan yang anda buat hendaknya srngkat tetapi mencakup hal-hal yang
penting. Catatannya dibutuhkan untuk merangsang ingatan kembali apa yang kita
pelajari.
6.
Review (mengulang kembali)
Mengulang kembali berarti mengungkapkan kembali apa
yang telah anda pelajari tanpa melihat catatan. Mengulang bahan pelajaran secara
teratur amat berguna karena mengingatkan kembali pengetahuan yang telah kita
pelajari sebelumnya.
Selain
dari pada SQ4R ada juga beberapa langkah yang dapat dilakukan dalam proses
belajar efektif, yaitu :
1.
Bertanggung jawab atas dirimu sendiri
Tanggung jawab merupakan tolak ukur sederhana dimana
kamu sudah mulai berusaha menentukan sendiri prioritas, waktu dan sumber-sumber
terpercaya dalam mencapai kesuksesan belajar.
2.
Pusatkan dirimu terhadap nilai dan prinsip yang kamu percaya
Tentukan sendiri mana yang paling pentingbagi dirimu,
jangan biarkan teman atau orang lain mendikte kamu apa yang penting
3.
Kerjakan dulu mana yang penting
Kerjakan dulu prioritas yang telah kamu tentukan
sendiri. Jangan biarkan orang lain atau hal lain memecahkan perhatianmu dari
tujuanmu.
4.
Anggap dirimu berada dalam situasi “co-opetition” (bukan situasi
win-win lagi)
“co-opetition” merupakan gabungan dari kata
“cooperation” (kerjasama) dan “competition” (persaingan). Jadi selain sebagai
teman yang membantu dalam belajar bersama dan banyak memberikan masukan / ide
baru dalam mengerjakan tugas, anggaplah dia sebagai sainganmu juga dalam kelas.
Dengan begini, kamu akan selalu terpacu untuk melakukan yang terbaik di dalam
kelas.
5.
Pahami orang lain, maka mereka akan memahamimu
Ketika kamu akan membicarakan sesuatu masalah
akademis dengan guru / dosen , misalnya mempertanyakan nilai matematikaatau
meminta dispensasi tambahan waktu untuk mengumpulkan tugas, tempatkan dirimu
sebagai dosen tersebut. Nah, coba sekarang tanyakan pada dirimu, kira-kira
argument apa yang paling pas untuk diberikan ketika berada dalam posisi guru /
dosen tersebut.
6.
Cari solusi yang lebih baik
Bila kamu tidak mengerti bahan yag diajarkan pada
hari ini, jangan hanya membaca ulang bahan tersebut. Coba cara lainnya.
Misalnya diskusikan bahan tersebut dengan guru / dosen pengajar, teman,
kelompok belajar atau dengan pembimbing akademismu. Mereka akan membantumu
untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik.
7.
Tantang dirimu sendiri secara berkesinambungan
Dengan cara ini belajar akan terasa mengasyikan dan
mungkin kamu mendapatkan ide-ide yang cemerlang.
C.
Cara Belajar Efektif
Cara
belajar yang efektif dapat membantu anak untuk meningkatkan kemampuan yang
diharapkan sesuai dengan tujuan intruksional yang ingin dicapai.
Cara
belajar yang efektif perlu memperhatikan beberapa hal berikut ini.
a.
Kondisi internal
Yaitu
kondisi yang ada dalam diri anak itu sendiri menurut maslow ada 7 kebutuhan
manusia yang harus dipenuhi :
·
Kebutuhan fisiologis (kebutuhan jasmani / kesehatan dasar)
·
Kebutuhan akan rasa aman
·
Kebutuhan akan rasa kebersamaan dan cinta
·
Kebutuhan akan status (keberhasilan) / rasa percaya diri
·
Kebutuhan self actualization
·
Kebutuhan untuk mengetahui dan mengerti
·
Kebutuhan estetik (kebutuhan akan keteraturan, keseimbangan, dan
kelengkapan dari suatu keindahan)
b.
Kondisi eksternal
Yaitu
kondisi yang ada di luar dari pribadi manusia misalnya :
·
Ruang belajar harus bersih
·
Ruangan cukup terang
·
Cukup sarana yang diperlukan untuk belajar misalnya alat
pembelajaran buku-buku, dsb.
c.
Strategi Belajar
Belajar
yang efisien dapat tercapai apabila dapat menggunakan strategi belajar yang
tepat seperti berikut :
·
Keadaan jasmani yang sehat
·
Keadaan emosional dan sosial harus dalam keadaan tak tertekan
·
Keadaan lingkungan harus terang
·
Memulai belajar harus tepat agar tidak terjadi kelambatan
·
Membagi pekerjaan, menentukan apa yang dilakukan dan jangan
memberikan tugas yang mungkin tidak terselesaikan.
·
Adakan control
·
Pupuk sikap optimistis
·
Waktu bekerja (harus memberikan pengarahan agar anak punya tekad
segala sesuatu yang dikerjakan harus diselesaikan).
·
Buatlah suatu rancangan kerja. apa yang akan diberikan kepada
anak sudah terencana.
·
Menggunakan waktu dengan efisien
·
Belajar keras tidak merusak. Yang merusak ialah menggunakan
waktu tidur untuk belajar.
·
Cara mempelajari buku
Selain
beberapa cara di atas ada salah satu tips dalam mengembangkan sistem belajar
yang efektif dan efisien. Sistem belajar ini dikenal dengan “M.U.R.D.E.R.” yang
terdiri dari :
a.
Mood (suasana hati)
Ciptakan selalu mood yang positif untuk belajar. Ini
bisa dilakukan dengan menentukan waktu, lingkungan dan sikap belajar yang
sesuai dengan pribadimu.
b.
Understand (pemahaman)
Tandai informasi bahan pelajaran yang tidak kamu
mengerti dalam satu unit. Fokuskan pada unit tersebut atau melakukan beberapa
kelompok latihan untuk unit itu.
c.
Recall (ulang)
Setelah belajar satu unit, berhentilah dan ulang
bahan dari unit tersebut dengan kata-kata yang kamu buat sendiri.
d.
Digest (telaah)
Kembalilah pada unit yang tidak kamu mengerti dan
pelajari kembali keterangan yang ada. Lihatlah informasi yang terkait pada
artikel, buku teks atau sumber lainnya atau didiskusikan dengan teman atau guru
/ dosen.
e.
Expand (kembangkan)
Pada langkah ini, tanyakan 3 persoalan berikut
terhadap materi yang telah kamu pelajari :
1.
Andaikan saya bertemu dengan penulis materi tersebut, pertanyaan
atau kritik apa yang hendak saya ajukan ?
2.
Bagaimana saya bisa mengaplikasikan materi tersebut ke dalam hal
yang saya suka ?
3.
Bagaimana saya bisa membuat informasi ini menjadi menarik dan
mudah dipahami oleh siswa / mahasiswa lainnya ?
f.
Review (pelajari kembali)
Pelajari kembali materi pelajaran yang sudah dipelajari.
D.
Pengaturan Jadwal Belajar Efektif
Pengaturan waktu adalah membuat dan melakukan jadwal
belajar agar dapat mengatur dan memprioritaskan belajarmu dalam konteks membagi
waktu dengan aktivitas, keluarga, dll.
1.
Pedoman
·
Perhatikan waktu
·
Refleksikan bagaimana kita menghabiskan waktu
·
Sadarilah kapan kita menghabiskan waktumu dengan sia-sia
·
Ketahuilah kapan kita produktif
Dengan mengetahui bagaimana kita
menghabiskan waktu dapat membantu untuk :
a.
Membuat daftar kerja
Tulislah hal-hal yang harus dikerjakan, kemudian
putuskan apa yang dikerjakan nanti, apa yang dikerjakan orang lain, dan apa
yang bisa ditunda dulu pengerjaannya.
b.
Membuat jadwal harian / mingguan
Catat janji temu, kelas dan pertemuan pada buku /
tabel kronologis, selalu mengetahui jadwal selama sehari,dan selalu pergi tidur
dengan mengetahui kita sudah siap menyambut esok.
c.
Merencanakan jadwal yang lebih panjang
Gunakan jadwal bulanan sehingga kita selalu bisa
merencanakan kegiatan lebih dulu. Jadwal ini juga bisa mengingatkan kita untuk
membuat waktu luang dengan lenih nyaman.
2.
Rencana Jadwal Belajar Efektif
·
Beri waktu yang cukup untuk tidur, makan dan kegiatan hiburan
·
Prioritaskan tugas-tugas
·
Luangkan waktu untuk diskusi atau mengulang bahan sebelum kelas
·
Atur waktu untuk mengulang langsung bahan pelajaran setelah
kelas
·
Jadwalkan waktu 50 menit untuk setiap sesi belajar
·
Pilih tempat yang nyaman untuk belajar
·
Rencanakan juga deadline
·
Jadwalkan waktu belajar sebanyak mungkin pada pagi, siang dan
sore.
·
Jadwalkan review bahan pelajaran mingguan
·
Hati-hati jangan sampai diperbudak oleh jadwal sendiri !
Selain haru memperhatikan pengaturan jadwal belajar
efektif ada juga 3 hal penting yang perlu diperhatikan dalam belajar.
1)
patuhilah jadwal belajar yang telah dibuat
2)
carilah buku-buku yang diperlukan untuk melengkapi materi
3)
lengkapi dan kumpulkan catatan-catatan yang teratur dan rapih
agar menarik untuk membacanya
4)
siapkan peralatan belajar lebih dahulu,jangan sampai belajar
berhenti gara-gara mencari pensil yang hilang
5)
usahakan belajar di tempat yang tenang
6)
pastikan 100 % siap mengikuti tes ujian esok hari
7)
jangan terpengaruh oleh orang lain, meninggalkan kelas sebelum
bel berbunyi.
E.
Gaya Belajar Efektif
Setiap orang pasti mempunyai cara
atau gaya belajar yang berbeda-beda, banyak gaya yang bisa
dipilih untuk belajar secara efektif. Adapun 7 gaya belajar yang
mungkin beberapa diantaranya bisa diterapkan pada anak didik kita :
1.
Belajar dengan kata-kata
Gaya ini bisa kita mulai dengan mengajak seorang
teman yang senang bermain dengan bahasa, seperti bercerita dan membaca serta
menulis.Gaya belajar ini sangat menyenangkan karena bisa membantu kita
mengingat nama, tempat, tanggal, dan hal-hal lainnya cara mendengar kemudian
menyebutkannya.
2.
Belajar dan pertanyaan
Bagi sebagian orang belajar makin eektif dan
bermanfaat bila itu dilakukan dengan cara bermain dengan pertanyaan. Misalnya,
kita memancing keingintahuan dengan berbagai pertanyaan setiap kali muncul
jawaban, kejar dengan pertanyaan, hingga didapatkan hasil akhir atau kesimpulan.
3.
Belajar dengan gambar
Ada sebagian orang yang lebih suka belajar
dengan membuat gambar, merancang, melihat gambar,slide, film. Orang yang
memiliki kegemaran ini biasa memiliki kepekaan tertentu dalam menangkap gambar
atau warna. Peka dalam membuat perubahan, merangkai dan membaca kartu.
4.
Belajar dengan musik
Detak irama, nyanyian dan mungkin memainkan salah
satu instrument musik, atau selalu mendengarkan musik ada banyak orang yang
suka mengingat beragam informasi dengan cara mengingat notasi atau melodi musik
ini yang disebut sebagai ritme hidup
5.
Belajar dengan bergerak
Gerak manusia menyentuh sambil berbicara dan
menggunakan tubuh untuk mengekspresikan gagasan adalah salah satu cara belajar
yang menyenangkan. Mereka yang biasanya mudah memahami atau menyerap informasi
dengan cara ini adalah kalangan penari, olahragawan. Jadi jika anda termasuk
kelompok yang aktif, tak salah mancoba belajar sambil tetap melakukan belajar
aktivitas, menyenangkan seperti menari atau berolahraga
6.
Belajar dengan bersosialisasi
Bergabung dan membaur dengan orang lain adalah cara
terbaik mendapat informasi dan belajar secara tepat dengan berkumpul kita bisa
menyerap berbagai informsi terbaru secara cepat dan mudah memahaminya. Dan
biasanya informasi yang didapat dengan cara ini akan lebih lama terekam dalam
ingatan.
7.
Belajar dengan kesendirian
Ada sebagian orang yang gemar melakukan segala
sesuatunnya termasuk belajar dengan menyepi, untuk mereka yang seperti ini
biasanya suka tempat yang tenang dan ruang yang terjaga privasinya. Jika anda
termasuk srperti ini, maka memiliki kamar pribadi akan sangat membantu anda
bila belajar secara mandiri.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar